Haryani, Surip (2023) GAMBARAN PENERAPAN ARTIFICIAL INTELEGENT (AI) DALAM PEMBELAJARAN ESP OLEH DOSEN BAHASA INGGRIS ANGGOTA KOMUNITAS INDONESIAN ESP TEACHERS COMMUNITY: KAJIAN KUANTITATIF. Surip Haryani, M.Pd. B.I.
LAPORAN penelitian YANI 2023.pdf
Download (472kB)
Abstract
Penelitian ini memfokuskan pada penerapan Kecerdasan Buatan (AI) dalam pembelajaran
Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus (ESP) oleh dosen di Indonesia. Topik ini diangkat karena
perkembangan teknologi AI memberikan peluang untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas
proses pembelajaran ESP. Riset ini bertujuan untuk menggali tingkat adopsi AI dalam
pembelajaran ESP oleh dosen, jenis-jenis AI yang digunakan, serta persepsi dosen terhadap
penggunaannya. Dengan pendekatan kuantitatif, survei daring menggunakan kuesioner
dilakukan untuk mengumpulkan data dari dosen ESP di Indonesia. Data dianalisis secara
statistik untuk mengidentifikasi tren penerapan AI, jenis-jenis AI yang paling umum
digunakan, dan pandangan dosen terhadap dampak penggunaan teknologi ini. Hasil penelitian
ini diharapkan memberikan wawasan tentang implementasi AI dalam konteks pembelajaran
ESP dan implikasinya untuk masa depan. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan AI
dalam pembelajaran ESP masih dalam tahap awal, namun menunjukkan potensi yang besar.
Dosen yang telah menerapkan AI dalam pembelajaran ESP umumnya memiliki persepsi yang
positif terhadap penerapan teknologi tersebut. Mereka menilai bahwa AI dapat meningkatkan
keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran, meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa,
membantu memahami kebutuhan belajar mahasiswa, dan memberikan umpan balik yang lebih
cepat dan tepat. Untuk mengatasi tantangan dalam penerapan AI dalam pembelajaran ESP,
perlu dilakukan penelitian lanjutan, pelatihan dan pendampingan bagi dosen, serta penyediaan
infrastruktur dan dukungan yang memadai.
Kata Kunci : Penerapan, Artificial Intelegence, Pembelajaran, ESP
| Item Type: | Other |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Surip Haryani, M.Pd.B.I. |
| Date Deposited: | 03 Oct 2025 13:42 |
| Last Modified: | 03 Oct 2025 13:42 |
| URI: | http://repo.umad.ac.id/id/eprint/103 |

